Kamis, 27 Agustus 2015

Spesialistik dalam ilmu Kedokteran Gigi



Bidang spesialistik dalam bidang kedokteran Gigi terdiri dari beberapa cabang ilmu yaitu :

1. Spesialis Bedah Mulut/ Sp.BM adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari berbagai macam ilmu bedah di area rongga mulut (maksilofasial), baik itu tumor, trauma akibat kecelakaan, celah bibir dll.),

2. Spesialis Orthodonti (Sp.Ort) Adalah cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari tentang berbagai macam tindakan preventif, kuratif, dan interseptif yang berkaitan dengan proses merapihkan gigi atau yang lebih dikenal di kalangan awam dengan pemasangan bracket gigi. Menangani kasus - kasus kelainan posisi gigi yang diakibatkan oleh kelainan dental ataupun skeletal.

3. Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp.KGA), adalah cabang ilmu yang mempelajari tumbuh kembang anak hingga remaja (pediatric) dan mempelajari berbagai macam penyakit gigi dan mulut dari sejak dalam kandungan hingga terlahir kedunia dan tumbuh menjadi anak remaja, Semua permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut anak serta remaja dipelajari oleh spesialis kedokteran gigi anak.

4. Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG), mempelajari ilmu tentang mempertahankan gigi selama mungkin ada di dalam mulut, atau yang mungkin sering didengar tentang perawatan syaraf gigi (Endododntik) ,penambalan dan juga mempelajari tentang  kecantikan / estetik gigi (Aesthetic dentistry) seperti memutihkan gigi (bleaching,veneer,dental whitening) dll.

5. Spesialis Perio (Sp. Perio) , mempelajari tentang jaringan lunak / keras atau penyangga yang melekat pada gigi, seperti gusi, tulang alveolar, frenulum, kelainan membran peridodontal.

6. Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM), mempelajari hal tentang kelainan / patologi yang terjadi pada jaringan-jaringan lunak yang ada di rongga mulut, misalnya adanya sariawan dengan diameter yang besar, banyak dan sering kambuh, ulser (luka pada mulut), gejala kelainan virus pada rongga mulut, menegakan diagnosa tumor atau permasalahan mulut yang mengarah pada keganasan dll.

7. Spesialis Prosthodontia (Sp.Prost) , para ahli yang memperdalam tentang pembuatan gigi tiruan dari berbagai jenis bahan, baik yang dapat dilepas pasang maupun yang dipermanenkan, termasuk pemasangan implan gigi. Mengerjakan proses pembuatan gigi tiruan untuk kasus – kasus yang sulit seperti linggir yang datar dan pasien yang ingin dibuatkan gigi tiruan tetapi memiliki penyakit sistemik.

8. Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp.RKG), merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari berbagai hal tentang kegunaan dan fungsi radiologi di bidang kedokteran gigi baik itu sebagai alat penunjang diagnostik (untuk pengobatan dan identifikasi yang berkaitan dengan kedokteran forensik) ataupun untuk kepentingan terapi / pengobatan  (radiotherapy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ariessbp.blogspot.com